STRATEGI BARU PEMERIKSAAN PAJAK DAERAH

Badan pengelola Pajak dan Retribusi Daerah Kota Jambi (BPPRD) memproyeksikan kebijakan pemeriksaan yang baru bakal menambah memperbaiki kualitas pemeriksaan. Dengan bertambahnya kualitas pemeriksaan, BPPRD yakin target penerimaan dari pemeriksaan bisa tercapai dan dapat meningkatkan pendapatan pajak daerah.

Berdasarkan Pasal 72 dan Pasal 96 Perda Kota Jambi Nomor 5 Tahun 2011 tentang Pajak Daerah yang telah diubah dengan Perda Kota Jambi Nomor 7 Tahun 2016 tentang Perubahan Atas Perda Kota Jambi Nomor 5 Tahun 2011 tentang Pajak Daerah bahwa terhadap penetapan pajak terutang dengan cara dibayar sendiri maupun penetapan pajak secara jabatan, apabila data – data yang disampaikan oleh Wajib Pajak diragukan kebenarannya atau ditemukan data baru atau data yang semula belum terungkap, maka Instansi pemungut dapat melakukan pemeriksaan pembukuan Wajib Pajak /audit kepada Wajib Pajak, kewenangan melakukan pemeriksaan untuk menguji kepatuhan pemenuhan kewajiban perpajakan daerah dalam rangka melaksanakan Peraturan Perundang – undangan perpajakan daerah.

Untuk itu Kepada wajib pajak yang dilakukan pemeriksaan wajib Memperlihatkan dan/atau meminjamkan buku atau catatan, dokumen yang menjadi dasarnya dan dokumen lain yang berhubungan dengan obyek pajak yang terutang serta memberikan kesempatan untuk memasuki tempat atau ruangan yang dianggap perlu dan memberikan bantuan guna kelancaran pemeriksaan; dan/atau Memberikan keterangan yang diperlukan.

Kepala BPPRD Kota Jambi Subhi,S.Sos,MM menyebutkan bahwa melalui kebijakan pemeriksaan yang baru, proses pemeriksaan bakal lebih efektif. BPPRD Kota Jambi ingin wajib pajak yang diperiksa selain memenuhi indikator pemeriksaan, juga harus memiliki baik potensi maupun kemampuan membayar pajak. Adapun target penerimaan pajak daerah pada APBD-P TA.2018 sebesar Rp.203.500.000.000,- tersebut jika dibandingkan dengan total penerimaan dari tahun ketahun mengalami peningkatan yang signifikan. “Melalui pemeriksaan terhadap wajib pajak yang lebih rutin serta dengan intensitas yang tinggi kita optimis penerimaan pajak daerah secara umum over target”,imbuhnya.

BPPRD Kota Jambi selain melakukan strategi baru upaya pemeriksaan juga meyakini masih banyak ruang sebagai tambahan potensi penerimaan pajak yang bisa digali sebagai upaya ekstensifikasi melalui pendataan wajib pajak baru.