PENYERAHAN SPPT PBB TAHUN 2018

KAMIS, 08 FEBRUARI 2018
RUANG POLA KANTOR WALIKOTA JAMBI.
Acara yang dihadiri Walikota Jambi, Sekretaris Daerah, Kepala Opd, Camat dan Lurah, pimpinan Bank 9 Jambi, Bank Btn, bank Bukopin, Bank OCBC nisp, Pt Pos Indonesia, Bni dan Bank Cimb Niaga Syariah, beserta wajib pajak potensial PBB Kota Jambi.

Kepala BPPRD Subhi, S.Sos, MM Mengatakan Mou Dengan Bank - Bank mitra untuk pembayaran PBB yaitu, Bank BNI, Bank CIMB Niaga Syariah dan Bank 9 Jambi khusus Bank 9 Jambi M0U ( Memorandum Of Understanding ) yang akan dilaksanakan terkait pengembangan inovasi pembayaran Pajak Bumi dan Bangunan non tunai, hingga saat ini BPPRD Kota Jambi sudah melakukan kerjasama pembayaran Pajak Bumi dan Bangunan dengan beberapa mitra bayar antara lain ; Bank 9 Jambi, Bank BTN, Bank Bukopin, Bank OCBC NISP, PT Pos Indonesia, Bank BNI, dan Bank CIMB Niaga Syariah. Hari ini juga merupakan pembayaran perdana PBB tahun Pajak 2018, kita telah menyiapkan unit pelayanan mitra bayar PBB Kota Jambi termasuk mobil pelayanan keliling BPPRD Kota Jambi, dan kita terus berupaya meningkatkan sistem pembayaran sesuai dengan perkembangan teknologi informasi. Adapun jumlah SPPT PBB sebanyak 129.666 SPPT dengan target Pajak Bumi dan Bangunan tahun 2018 sebesar Rp. 28.480.000.000,-. “Rencana kita kedepan transaksi pembayaran Pajak dan Retribusi dilakukan secara non tunai ( Mobile Banking ) serta mendorong perbaikan tata kelola Pajak dan Retribusi Daerah secara sistematis dan terintegrasi serta penguatan kelembagaan lintas OPD Pemerintah Kota Jambi dan pengembangan sistem data dan informasi ”, ujar pecinta motor cros Kota Jambi.

Walikota Jambi dalam sambutannya mengatakan kegiatan ini sangat sejalan dengan VISI Kota Jambi, yaitu terwujudnya Kota Jambi sebagai pusat perdagangan dan jasa berbasis masyarakat yang berkhlak dan berbudaya, pemerintah Kota jambi terus berupaya untuk meningkatkan pendapatan asli daerah ( PAD ) Kota Jambi salah satunya optimalisasi penerimaan disektor Pajak Bumi dan Bangunan ( PBB ) sejak tahun 2014 hingga saat ini, kontribusi PAD Kota Jambi terhadap total APBD meningkat cukup signifikan, pada tahun 2013, realisasi PAD sebesar RP. 149.04 Milyar, meningkat signifikan pada tahun 2014 yang mencapai Rp. 246,39 Milyar atau meningkat 65,32 % hingga 2016 realisasi penerimaan PAD Kota Jambi meningkat mencapai RP.287,5 Milyar. Begitupun dengan PBB merupakan komponen dari PAD terus mengalami peningkatan realisasi. Pada tahun 2016 sebesar Rp. 18,17 Milyar meningkat menjadi Rp. 21,98 Milyar pada tahun 2017.
Pemerintah Kota Jambi tidak hanya menghimbau Wajib Pajak untuk membayar PBB, namun kita juga memberikan apresiasi bagi wajib pajak taat, melalui kegiatan Gebyar Pajak. Pemerintah Kota Jambi akan terus berkomitmen untuk melaksanakan aparesiasi tersebut pada tahun – tahun selanjutnya . “ kepada OPD terkait, Khususnya BPPRD Kota Jambi, agar terus berupaya untuk mengoptimalkan semua potensi penerimaan Pajak yang ada di Kota Jambi dan juga kepada camat dan lurah, untuk terus bekerja keras agar apa yang menjadi target penerimaan Pajak dapat tercapai “ terang Walikota Jambi DR.H. Syarif Fasha, ME .